Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagai Anggur Baru Harus Diisi Dalam Kantong Yang Baru
Anggur baru adalah “Kurikulum Merdeka”. Sedangkan Kantong adalah Pola Pikir kita, maaf Otak Kita . Silahkan tinggalkan pola pikir, konsep lama yang sudah melekat di otak kita , kosep mengajar kita yang selama ini sudah melekat, singkirkanlah. Supaya otak kita jadi baru, pola pikir kita menjadi baru supaya anggur baru bisa berfungsi dengan baik. Bagaimana anggur baru itu ?? Berikut saya bagikan anggur baru ( Rancangan Proses Pembelajaran) Merdeka Belajar yang sudah saya rancang sesuai dengan harapan pemerintah yakni menuju Profil Pelajar Pancasila. Silahkan baca
1. Pastikan Format RPP Merdeka Belajar sudah Valid
Struktur rancangan RPP sudah pernah saya tulis sebelumnya dengan judul Cara Melatih Anak Berpikir Kritis di kelas. Namun tidak masalah saya tuliskan kembali garis besar urutan cara menyusun RPP yang baik versi Merdeka Belajar. Diawali dengan doa, Apersepsi, warming up, menyampaikan tujuan pembelajaran . Dilanjutkan dengan Literasi- Critical Thinking, Computational Thinking, Colaboration, Presentation, Creativity, Reflection, Membuat Soal AKM dan Assesment ( Format Penilaian ) yang mengacu pada indicator. Untuk lebih konkritnya lihat contoh RPP yang saya buat di akhir tulisan ini.
2. Menentukan Materi Esensial
Ada yang berpendapat bahwa Silabus Kurikulum Nasional yang dikeluarkan Kemendikbud itu semuanya Esensial maka semuanya harus diajarkan kepada siswa. Agar materi itu semuanya bisa diajarkan kepada siswa maka alokasi waktu yang kita mainkan. Jika materi penting (esensial) menurut guru maka alokasi waktu diperbanyak, sebaliknya jika kurang penting maka sedikit porsi waktu untuk materi tersebut. Ini adalah pemahaman yang kurang tepat menurut hemat saya dan menurut Narasumber yang saya ikuti selama pelatihan tentang Kurikulum Merdeka bersama Yayasan Pangudi Luhur Jakarta baru-baru ini. Materi yang tertera dalam Silabus / Kompetensi Dasar itu tidak perlu harus semua diajarkan. Saya beri contoh dalam pelajaran Bahasa Inggris, Materi pokok Teks deskripsi Sekolah, Taman Wisata, Tempat Sejarah, Banguan Traditional Jaman Belanda. Deskripsi Benda, Deskripsi binatang. Berarti di sini beberapa materi pokok. Maka guru cukup memilih mana yang paling dekat dengan kehidupan nyata siswa dan kearifan local setempat. Maka topik yang diajarkan adalah Deskripsi Sekolah dan Tempat Wisata karena itu yang lebih dekat dengan kehidupan nyata yang dialami peserta didik. Contoh lain,Topic: Congratulation/ Ucapan Selamat. Pada momen Bahagia ( pesta Nikah, ulang tahun, Anak lahir, lepas sidi dll. Dan momen Prestasi seperti Juara Lari, Balap Sepeda, Sepak bola dll. Maka guru cukup memilih ucapan selamat untuk pesta ulang tahun dan juara sepak bola. Karena itu yang paling dekat dalam kehidupannya saat ini. Jadi tidak perlu semua sub -topik ini diajarkan.
3. Membuat Critical Thinking dan Computational Thinking
Salah satu tahapan belajar yang harus dilewati adalah Critical Thinking dan Computational Thinking. Dimanakah perbedaannya ? Critical Thinking adalah pertanyaan guru kepada peserta didik untuk berpikir kritis atas literasi (wacana, video, gambar) yang diberikan guru. Sedangkan Computational Thinking adalah pertanyaan berupa polemik, permasalahan agar anak menemukan solusi dari masalah tersebut. ( Lihat contoh dalam RPP saya terlampir berikut ini ).
4. Merumuskan LKPD. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan kelanjutan dari Critical Thinking dan Computational Thinking tadi. Saat guru mengajukan pertanyaan di awal tadi, tidak semua siswa menjawab. Namun mereka diharapkan untuk membuat jawaban/catatan kecil di bukunya. Maka pada saat mereka berkolaborasi, mereka tinggal mendiskusikan jawaban yang sudah ada dan membuat kesimpulan mana yang paling baik untuk dipresentasikan.
5. Membuat assement ( Penilaian ) yang mengarah kepada tujuan /indicator pembelajaran. Format penilaian tergantung kreatifitas guru yang menentukan. unsur-unsur/ aspek –aspek apa saja yang hendak dinilai. (lihat contoh berikut)
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP)
Sekolah : SMP Swasta Santa Maria Tarutung
Mapel : Bahasa Inggris
Kelas/Sem : IX/Sem Ganjil
Materi Pokok : Congratulation / Ucapan Selamat
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
================================
PERTEMUAN PERTAMA :
Tujuan Pembelajaran :
• Membuat kalimat ucapan selamat
• Merancang ucapan Harapan
Langkah – Langkah :
I. Pendahuluan : ( 5 Menit )
- Berdoa spontan diakhiri dengan menyebut santo dan santa
- Mengikrarkan Profil Pelajar Pancasila
- Menanyakan kehadiran siswa
- Kesepakatan pembelajaran
- Motivasi dan memberitahu tujuan pembelajaran hari ini
II. Kegiatan Inti
- Literasi : ( 3 menit)
- Menanyangkan video Prestasi Lari Marathon yang diraih oleh Odekta Naibaho di Asian games 2022
- Critical Thinking ( 10 Menit)
Gambar ini tentang prestasi lari marathon yang diraih oleh Odekta Naibaho pada Ajang Asian Games 2022, Kamis,19 Mei 2022.
-Pertanyaan Critical Thinking :
1. Jika anda adalah teman dekat Odekta Naibaho, Apa yang anda lakukan ?
2. Apa harapan anda terhadap Odekta Naibaho ?
- Computational Thinking
1. Andaikata Odekta Naobaho gagal mempersembahkan Medali emas buat Indonesia, Odekta jatuh pingsan kira-kira 60 meter lagi masuk garis finish. Semua harapan pupus, Pelatih kecewa, orang tua dan bahkan negara merasa kecewa dengan peristiwa ini. Orang tuanya yang menonton dari layar kaca, sontak histeris menangis memikirkan keadaan kesehatan Odekta. Apa komentar dan harapan terhadap peristiwa ini ?
- Colaboration : ( 25 Menit)
1. Siswa berdiskusi dengan teman di sekitar meja ( samping kiri-kanan-depan-belakang / 4 orang)
Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD)
• Buatlah kalimat ucapan selamat dan rancanglah kalimat harapan anda kepada Odekta Naibaho sesuai situasi diatas
- Communication : ( 25 Menit )
Presentasikan di depan kelas, sambil salah seorang dari kelompok bertindak sebagai Odekta Naibaho yang baru saja memenangkan lomba, sementara salah seorang mewakili teman lainnya mengucapkan selamat dan harapan
- Creatifity ( Kreatifitas ) ( 7 Menit )
Guru bersama siswa merumuskan ucapan selamat dan harapan dengan menyimpulkan dari beragam jawaban siswa di atas.
Kesimpulan yang diharapkan seperti ini :
Congratulation Odekta Naibaho, you are the winner of Marathon (Running ) in Asian Games 31st Vietnam Mei 2022. You have made Indonesia Proud and add gold Medal. We hope you will be the winner too in Asian Games next two year. Be happy and enjoy your day.
III. Penutup : (8 Menit )
1. Refleksi : Apa hal baru yang anda pelajari di pertemuan ini ?
2. Penugasan : ( PR) Buatlah kalimat ucapan selamat kepada teman anda yang berulang tahun dan rancanglah kalimat harapanmu.
3. Doa Penutup
================================
Soal AKM :
Di Dalam Masyarakat Batak, setiap peristiwa kegembiraan/suka cita ( pesta nikah, Anak lahir, Lepas Sidi, Tamatan Kuliahan dll ) selalu dibuat acara dan ada ucapan selamat ( Mandok hata)
Anggi Naibaho adalah anak pertama dari keluarga Naibaho. Anggi Naibaho adalah anak ( panggoaran). Ayah Anggi Naibaho telah meninggal 2 tahun lalu. Anggi Naibaho harus mengucapkan kata-kata selamat kepada Berenya pada saat pesta Perkawinan berenya. Pada saat itu Anggi berposisi sebagai ( Tulang/ hula-hula) untuk menggantikan almarhum ayahnya. Di satu sisi Anggi merasa tidak pantas sebab usianya masih SMP ( 14 tahun), yang harus berbicara di hadapan para pena tua. Menurut adat Batak, kata-kata dari hula-hula itu sangat penting. Maka Anggi Naibaho pun tidak menolak, Anggi memberikan kata-kata ucapan selamat dan harapan mewakili hula-hula keluarga Naibaho. Bagaimana menurut anda kata-kata ucapan selamat ( Mandok hata ) dan harapan-harapan yang tepat yang disampaikan oleh Anggi Naibaho dalam acara ini ? Tuliskan ………
Assesment : Format Penilaian :
Penilaian Individu :
Nama :…….
Tanggal :…….
Topic : Congratulation
Kognitif :
Aspek yang dinilai
1. Content ( isi ) 70- 100
2. Vocabulary (Kosa kata) 60- 100
3. Grammar (Unsur Kebahasaan) 50 - 100
TOTAL : Total Score…../ 3=………
==================================
Selamat Mencoba
• Anggur Yang Baru Harus Disimpan di Dalam Kantong Yang Baru
Komentar
Posting Komentar